Selasa, 12 Oktober 2010

Pentingnya Second Opinion

Kenapa judulnya begitu... gini ni ceritanya yg bikin seisi rumah heboh, panik desebe yang bikin bingung. Pelajaran untuk kami semua khususnya aku dan mudah2an berguna jg untuk yg baca yah. Dan kejadian ini jg pernah dialamin Santi

Jangan percaya satu dokter saja ( ini tergantung ya.. mungkin udah ada yg langganan keluarga) seminggu kemarin mama saya sakit batuk pilek aja si, cm memang mama turun drastis berat badannya cm 36 kg, hiks sedihnya.. mmg mamaku kurus sekitar 40-45 kg aja BBnya. Nah kedokter deh yg udah langganan kita dr lama dr aku SMP. Biasa tu diperiksa, aku tanya2 kenapa mamaku bs kurus bgt, kenapa jg tiap diisi langsung keluar. Dokternya bilang krn mamaku ngk ada enzim diperutnya disarankan minum Yakult tiap hari, dan disuruh rontgen.

Besoknya aku bawa mama untuk dirontgen ke RS yg udah dirujuk si dokter, hasilnya keluar sehari setelah rontgen. Setelah hasil rontgen keluar aku langsung ke dokter X tiu sambil komat kamit berdoa semoga ngk ada apa2, hancur deh hidupku klo mama sakit ( yg kepikiran saat itu cm ini aja). Giliran masuk ruang dokter makin gemeteran n deg2n, si dokter langsung liat rontgenan and bilang " ibu TBC, selama ini ibu tuh TBC, udah deh skr ngobrol sm seluruh keuarga gimana jalan keluarnya, ada bayi kan dirumah dipisahin ya, diungsikan dl kemana ok" lagsugn tu dia nulis resep obat TBC. Ya Allah pengen nangis sekeras2nya, jerit2an..jambakin rambut (hehe lebay).

Pokonya yg kepikiran saat itu harus gimana.. ngungsi kemana.., pokoknya ribet deh kalo harus pisah sm mama, memang saat ini kita tinggal sama mamaku, krn mama cm berdua dirumah sm adeku yg paling kecil (kls 2 SMP) n deket dr tempat kerja ku. Rumah mama cukup gede n banyak kamar kosong, so kita tinggal disitu, krn aku kerja jg lebih safe dong dijaga mama sendiri ci Naira cantik. Rembugan sm suami dia kekeuh Naira harus diungsikan dulu ke rumah mama dia n krn masih kecil rentan tertular penyakit, klo Naira ngungsi aku jg harus ikut ngungsi dong pabrik susunya wajib ikut. Tapi gimana mama sakit dirumah cm bedua sm adeku, n jauh pula dr tempat kerjaku, pastinya Naira kejer banget klo telat minum asi, krn klo aku telat plng kerja jg dia kejer, segitu yang jaraknya deket gmn klo jauh ( Cimanggu - Caringin= perbatasan Bogor n sukabumi).

Mamaku jg makin kurus .. ya iya lah klo aku ngerti banget.. disaat dia sakit anaknya hrs jauh.. yg rawat siapa... ngk boleh ketemu cucunya dulu secara gt tiap hari mama yg rawat. Tiap hari tiada hari tanpa nangis deh. Penasaran dong mama cm sakit flu n batuk koq divonis TBC, akhirna aku bawa mama ke RS. Paru-paru Cisarua. Kesan pertama kesana sereeeeeem.. dimana-mana orang pake masker, banyak yang batuk-batuk haduuuuh makin takut aja. Setelah proses administrasi tiba deh giliran mama ketemu dokter, tetep komat-kamit ngk berenti doa... set si dokter liat rontgenan mama en langsung bilang " ibu ngk TBC.. yg saya liat si cm flek aja ini pun udah sembuh kayanya udah lama bgt" ( ak br tau mama pernah kena flek ktanya dulu 25 th yg lalu aku msh imut2) .. Alhamdulillah legaaaaaaaaaaaaa.... rasanya kaya terbang hehe, pokonya aku cerewet banget berkali-kali nanya.. "mama saya ngk TBC kan dok ?" ampe diusir sm dokternya krn kelamaan, aku serahin obat-obatan yang dikasih dokter X, dan disarankan ngk boleh diminum lagi en diresepkan obat batuk + vitamin hati tapi disarankan jg untuk mathuk dan tes dahak hasilnya keluar seminggu setelah pemeriksaan.

Sampai pengambilan obat aku masih tetep tanya-tanya apa mama sakit TBC, kta mbaknya obat-obatanya bukan untuk sakit Tbc jadi ya ibu anda ngk TBC.... Alhamdulillah lagi ya Allah. Raut muka mama langsung berubah.. alhamdulillah ngk usah ngungsi katanya hehehe... Tapi selama pengobatan untuk jaga2 mama ngk rawat Naira dulu, diperbanyak istirahat dan aku jg minta tolong sodara untuk jaga Naira sambil diawasin mama.

Yah gitu deh ceritanya... kalo bisa jangan langsung percaya sama dokter, ya kalo sakit langsung aja ke dokter spesiais/ahlinya dan percara kalau sudah ada bukti seperti hasil lab, usg etc. Thanks banget jg buat Efi yg banyak ngasih saran selama aku down, juga Aki n Sofi.. makasih

Pengalaman ini makin buat aku sayang sm mama n takut banget kehilangan, yuk lebih care sama orang tua kita klo udah ngk ada ngk akan tergantiin sama apapun, emas segede gunung jg ngk ada tandingannya.

Love you so much mama... enen sayang... muach...muach

Tidak ada komentar: